Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Kamis, 11 Februari 2010

Domain CO.CC ternyata tidak Gratis!!!!

Saya benar-benar kaget ketika membaca artikel yang dibuat di pipos.co.cc tentang domain co.cc yang ternyata tidak gratis! Berikut ini fakta-fakta yang saya kutip dari pipos.co.cc:



Kutipan 1
Sebenarnya ulasan ini sudah saya buat draftnya sebelum situs ini berganti domain (dari domain gratisan co.cc ke domain berbayar dotkom). Pengennya sih saya posting ketika situs ini masih menggunakan domain co.cc – tapi berhubung ada sedikit masalah pada saat itu, jadi ngendon deh opini ini :-)

Tapi belum terlambat kan kalau saya posting sekarang? hihi. Masalah penting nggak penting, biarlah pembaca yang menilai.

Berawal dari sebuah komentar pada salah satu postingan di blog saya (yang cukup bikin saya kaget). Komentar tersebut ditulis oleh Mas Manggis (salah satu alumni PintuNet.com). Intinya dia sharing tentang resiko penggunakan domain gratisan co.cc sebagai domain untuk blog utama. Maklum, blog saya tersebut menggunakan domain ini (dengan hosting blogger).

Inti dari pesan Om Manggis begini : ada kemungkinan setelah situs yang menggunakan domain co.cc mulai populer, bertrafik tinggi, dan punya page rank yang bagus – maka domain situs tersebut akan dijual oleh pihak co.cc.

Nah, nggak mau kan kalo saat blog kita mulai tenar-tenarnya, eh…tiba-tiba aja diembat atau dieksekusi oleh pihak co.cc. Apa nggak kesal tuh? Udah susah payah membangun dan mengembangkan blog/web selama beberapa bulan, eh…tau-taunya amblas begitu aja.

Banyak sekali situs web atau blog berdomain co.cc yang menjadi korban, walaupun penyebabnya masih kurang jelas dan perlu diteliti lebih lanjut. Coba saja anda googling dengan keyword ”this domain is under examination”. Hasilnya, ada ribuan web/blog yang jadi korban.

Apakah blog saya juga menjadi korban? Tidak sih. Mungkin belum saja. Tapi sebelum terlambat, saya putuskan saja untuk tidak lagi menggunakan domain co.cc ini buat blog saya. Kembali ke subdomain blogger deh :-) Itu jauh lebih aman. Tapi resikonya, blog saya harus mulai dari nol lagi deh (kayak bayi yang baru lahir jadinya..hehe).

Namun ada beberapa kemungkinan lain di balik banyaknya pengguna domain co.cc yang merasa dirugikan. Bisa saja karena isi (konten) blog/webnya melanggar TOS yang telah ditetapkan oleh pihak co.cc. Beberapa situs yang di-examination oleh pihak co.cc adalah situs iklan. Setahu saya, pengguna domain co.cc tidak diperbolehkan memuat atau memasang iklan (teks/banner) pada webnya (selain iklan co.cc). Sama halnya dengan salah satu TOS pada layanan hosting gratis dari situs 000webhost.com

Intinya, jika anda ingin serius membangun dan mengembangkan blog (serius ingin ngeblog untuk kepentingan jangka panjang), lebih baik jangan menggunakan domain gratisan co.cc ini untuk blog utama. Gunakan saja subdomain dari blogspot, wordpress, multiply, atau blogdetik. Itu jauh lebih baik dan lebih aman. Toh, sama-sama gratis kan? hehehe (walaupun nama blog kita jadi lebih panjang karena ditambah embel-embel domain induk dari blogspot/wordpress/multiply/blogdetik).

Buat anda yang ingin membangun sebuah website untuk kepentingan bisnis online (misalnya situs iklan atau situs presell-page yang memuat banyak banner), lebih baik tidak menggunakan domain co.cc juga. Begitu pula buat anda yang ingin mendirikan situs komunitas atau situs forum semacam Pintunetter ini. Lebih baik gunakan domain berbayar seperti dotkom atau dotnet karena sama sekali tidak beresiko dieksekusi atau dilego.

Jadi, keputusan alidmin untuk beralih ke domain berbayar dotkom adalah sebuah keputusan yang sangat tepat.  (sumber: http://pintunetter.com/2009/01/21/982/)

 Kutipan 2

Aku yakin semuanya sudah pada tahu dengan domain (atau kalau aku nyebutnya subdomain) .co.cc itu. Sebuah domain yang diregister oleh seseorang yang berasal dari Korea Selatan bernama Kim Jong Sung (lihat who is). Top level domain (TLD) domain ini, yakni .cc harganya sekitar $ 35 USD pertahun.

Indonesia merupakan pengguna terbesar subdomain .co.cc ini (baca di sini, di sana, di sono). Kenapa bisa Indonesia? Bisa ditebak, karena di negeri ini banyak yang suka gratisan. Tapi, apa benar subdomain yang mempunyai keunggulan untuk bisa setting DNS dan MX sendiri ini gratis dan benar-benar gratis?

Ternyata tidak kawan. Salah besar kalau selama ini banyak yang bilang subdomain (yang bisa digunakan layaknya sebuah domain) ini gratis. Kalau kita memilih key yang nice, misalnya Indonesia.co.cc, maka di sana akan tertampang $12 untuk register setahun. Itu dari register nama-nama yang bagus. Terus, untuk nama-nama yang tertampang gratis? Yang gratis untuk register setahun pertama. Misalnya saja toserblog.co.cc, ini aku dapatkan gratis selama setahun. Setahun berikutnya? Lha ini dia yang bermasalah.

Coba amati skrinsut dibawah ini:

Domain co.cc
-> gambar yang lebih besar <- Gambar ini akan muncul saat kita ingin renew/ memperpanjang .co.cc yang kita gunakan. Berikut ini tarif yang dipasang untuk memperpanjang: 1 tahun => $3
2 tahun => $5
3 tahun => $7
4 tahun => $9
5 tahun => $10

Sudah? Sekarang ada yang berani bilang kalau ini domain gratis?

Aku sendiri sempat diskusi dengan beberapa teman tentang ini dan hubungannya dengan data pengguna terbanyak di Indonesia. Salah satu teman ada yang bilang, “Mungkin selama ini kita dan orang-orang Indonesia itu jarang ada yang baca TOS. Tahu gratisan, TOS langsung disetujui”. Tapi ternyata, barusan aku cek TOS-nya, kok aku gak menemukan kalimat yang menyatakan bayar untuk perpanjangan. Atau mungkin aku yang gak bisa berbahasa Inggris kali ya? (Kalau ada yang menemukan, mohon share di sini).

So, buat kalian punya akun di sini (termasuk aku), siapkan saja dana min. $3 jika masih ingin memiliki domain ini. Jangan kecewa ya? Walaupun kita sering lihat iklan adsesne kayak gambar di bawah ini:
iklan co cc

Ok, sementara itu saja dulu. Mudah-mudahan bermanfaat.
KEEP BLOGGING! (Sumber: http://toserblog.co.cc/me-blog/hati-hati-domain-cocc-itu-bukan-domain-gratis.html#comment-762)

Kutipan 3

Sangat sering saya ketahui banyak blog mengkampanyekan domain gratis co.cc. Mereka tertarik karena katanya gratis dan bisa menghasilkan dollar. Bagi mereka yang culun tentu saja matanya langsung ijo, gratis ditambah dapat dolar, yang newbie pasti termehek-mehek. Nah gue kasih informasi bahwa domain co.cc gratisnya hanya setahun, setelah itu domain itu menjadi hak pemilik. Bukti bahwa domain co.cc bisa anda lihat di screenshoot di bagian kiri. Namun menurut gue, gratis setahun ini tidak sebanding dengan kerugian yang kita dapat.

Kerugian menggunakan domain co.cc:
1. Waktu setahun cukup bagi blogger untuk menjadikan blog co.cc mendapatkan pagerank dan trafik yang cukup lumayan. Nah kalau sudah begitu tiba-tiba blog kebanggaan anda tidak bisa anda akses. Anda hanya bisa melihat blog anda tapi tidak bisa menyentuhnya. Nangis bro..

2. Poin nomer satu bisa terjadi karena pemilik asli domain co.cc tidak transparan mengenai hal ini. Yang mereka promosikan adalah gratis yang kesannya adalah gratis selamanya. Ini ditambah dengan janji dan iming-iming dolar.

Nah sekarang terserah kalian bro. Menurutku segera aja ganti tuh domain co.cc anda. Cari yang bener-bener aman bro. Terus jangan pasang baner afilisasi mereka, karena ini sama dengan menjerumuskan teman sendiri. (Sumber: http://www.yasmara.web.id/2009/04/omong-kosong-domain-cocc-tidak-gratis.html

Nah, itulah fakta-fakta mengenai domain co.cc.  Tapi semuanya terserah Anda.  Yang penting, KEEP BLOGGING!

0 komentar:

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Dunia Klik!.blogspot.com secara gratis melalui email:

Delivered by FeedBurner

BookmarkAddict.com

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP